Vaksinasi Covid-19 Kolaborasi APPBI dan Pemprov DKI Jakarta di 16 Mal


 

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta di bawah komando Ibu Ellen Hidayat selaku Ketua DPD, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) dan Dinas Kesehatan, telah mengorganisir Pusat Belanja untuk menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19. Program Vaksinasi ini ditujukan untuk para Pelaku UKM dan petugas publik/karyawan yang bekerja di Pusat Belanja yang ada di DKI Jakarta. Ini sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang meminta agar pelaku Pusat Belanja yang di dalamnya banyak terdapat pelaku UKM dijadikan sebagai salah satu prioritas sasaran vaksinasi.

 


Terdapat 16 (enam belas) Pusat Belanja/Mal yang menjadi Sentra Vaksinasi di DKI Jakarta, yaitu Emporium Pluit Mall, Senayan City, Kota Kasablanka, Lippo Mall Puri, Mal Taman Anggrek, Pondok Indah Mall, Mal Artha Gading, Mall of Indonesia, Thamrin City, Grand Indonesia, Blok M Plaza, Gandaria City, Lippo Mall Kemang, Lindeteves Trade Center, Mall Bassura-De Entrance dan Group ITC.
Sentra Vaksinasi di Pusat Belanja ini telah mulai diselenggarakan sejak tanggal 20 April 2021 yang ditandai dengan Kick Off yang dilaksanakan di Emporium Pluit Mall. Dilaksanakan selama satu bulan dengan 2 (dua) kali vaksinasi per orang, program vaksinasi ini telah menjangkau 162 ribu orang. Dengan melaksanakan vaksinasi kepada karyawan dan tenan, APPBI juga telah turut membantu mewujudkan apa yang menjadi harapan dan keinginan dari asosiasi retailer.

 

Dalam menjalankan Sentra Vaksinasi ini, Pusat Belanja bekerjasama dengan beberapa Rumah Sakit Swasta dan juga Puskesmas terdekat. Beragam Sentra Vaksinasi ini ditata rapi sesuai protokol kesehatan, nyaman dan lengkap dengan dipantau langsung oleh APPBI DPD DKI Jakarta. Sebagai penutup, Ibu Ellen Hidayat menyampaikan harapannya, agar dengan adanya pelaksanaan vaksinasi ini, maka pengunjung lebih merasa aman dan nyaman ketika berkunjung untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya. Namun demikian, vaksinasi ini tidak membuat Pusat Belanja mengendorkan pelaksanaan protokol kesehatan. Pusat-pusat belanja tetap menjalankan dan menerapkan protokol kesehatan standar, seperti kewajiban menggunakan masker saat memasuki area belanja, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Bahkan untuk menunjang pelaksanaan protokol kesehatan, sebagian Pusat Belanja di Jakarta telah melakukan inovasi berupa penerapan sistim touchless (tanpa sentuhan) dan secara rutin menjalankan proses disinfektan serta menggunakan sinar UVC  untuk membersihkan udara dalam ruang. Dengan program vaksinasi ini, kita berharap perekonomian dapat bergerak kembali dan pusat belanja dapat beraktivitas kembali dan menyerap lebih banyak tenaga kerja seperti semula.

 


Pemerintah berencana memvaksinasi 181,5 juta warga atau 70 persen dari populasi dalam upaya mewujudkan kekebalan komunal terhadap Covid-19. Guna mempercepat pencapaian target tersebut, pemerintah terus memperbanyak dan meningkatkan kapasitas pelayanan vaksinasi.