Council of Asian Shopping Centre (CASC) Conference 2018



Council of Asian Shopping Centre (CASC) Conference 2018 yang bertema "Bagaimana Pusat Belanja Tetap Relevan" telah berlangsung secara sukses. Bertempat di Sheraton Kuta Bali Resort, Bali dari tanggal 25 - 26 September 2018, konferensi antar pusat belanja di kawasan Asia ini merupakan kegiatan bergengsi yang menjadi ajang temu tahunan untuk para pemilik dan manajemen pusat belanja di kawasan Asia. Pada tahun ini Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah CASC Conference 2018 dengan Bali yang merupakan ikon pariwisata dunia menjadi titik perhelatannya. CASC mempercayakan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) sebagai penyelenggaranya. APPBI merupakan anggota CASC untuk Indonesia.


Dalam sambutan pembukanya sebagai tuan rumah, Bapak Stefanus Ridwan, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APPBI, mengatakan event ini merupakan kesempatan kepada pusat belanja di kawasan Asia untuk dapat saling berinteraksi, berbagi ilmu dan wawasan baru guna dapat menangkap peluang-peluang kolaborasi.


Acara 2 hari ini dibuka secara simbolis oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Bapak Enggartiasto Lukita. Dalam sambutannya Bapak Menteri menyampaikan harapannya agar asosiasi ini dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan sesama anggota asosiasi dan secara khusus kepada para pengusaha lokal (UMKM) agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan gaya hidup (lifestyle) saat ini. Sembari memberi apresiasi kepada generasi muda milineal yang berusaha dengan berkreasi.


Dengan dihadiri lebih dari 300 tamu dari pusat belanja di kawasan Asia, diharapkan para peserta  dapat saling memperluas networking, belajar dari kisah sukses pusat belanja lain di Asia, dan dapat memberikan pengalaman lebih dari sekedar berbelanja. CASC Conference 2018 menghadirkan sederetan pembicara terkenal dari berbagai industri dan pemilik produk dan jasa yang berkaitan erat dengan dunia pusat belanja seperti ritail fashion, food & beverages, arsitektur, desain interior, e-commerce, dan industri digital lainnya.


Hari pertama diisi oleh Bapak Erik Meijer (President Director Telkomtelstra), Mr Victor Guo (President of China Shopping Center Development Association of Mall China), Mr. Baldwin Ko (Chairman The Institute of Shopping Centre Management Hong Kong), Mr. Jeff Tsai (Chairman Taiwan Council of Shopping Centers), V.P Sharma (Group CEO Mitra Adiperkasa), Mr Patrick Cao (CFO Tokopedia) dan Bapak Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia).


Di hari kedua, Bapak Wayan Koster (Gubernur Bali), Bapak Hermawan Kartajaya (Founder dan Chairman MarkPlus, Inc), Bapak Tan Sri Dato Teo Chiang Kok (President of PPK Malaysia, Malaysia Shopping Malls Association), Bapak Heru Nasution (Managing Director PT. Supermal Karawaci). Di akhir sesi di isi oleh perwakilan dari Fave Indonesia, Shopee Indonesia, JD.ID Mr. Yew Wai Kong, Daniel Minardi dan Eyvette Tung, berturut-turut.
Di hari terakhir, Kamis, 27 September 2018, sekitar 200 tamu khusus yang merupakan anggota CASC Conference mengunjungi Samasta. Sebagai bagian dari program CASC Conference 2018, para partisipan melakukan Bali Fun Tour yang merupakan one-day visit ke beberapa mal dan tempat pariwisata di Bali dengan harapan mereka akan mendapatkan wawasan yang berguna tentang industri mal di Bali secara khusus dan Indonesia secara umum. Sambutan hangat diberikan di Samasta dengan tambahan suguhan khusus Tarian selamat datang khas Bali Legong. 


CASC dibentuk di tahun 2004 dengan tujuan untuk melakukan kerjasama regional dan menentukan arah untuk pengelola pusat belanja di masa yang akan datang. Saat ini anggota dewan ini terdiri dari beberapa asosiasi Singapura, Malaysia, Indonesia, China, Hong Kong, Taiwan dan Jepang dengan dukungan dari Filipina dan Thailand.


Sampai jumpa tahun depan di Malaysia !