FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE 2018 MENYEMARAKKAN ASIAN GAMES 2018


Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menggelar kegiatan hajatan wisata belanja terbesar di Jakarta dan bahkan tanah air, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018. Ajang pesta diskon berskala besar ini akan berlangsung selama hampir satu bulan, mulai dari 12 Agustus hingga 4 September 2018 dengan menawarkan aneka diskon untuk aneka produk hingga 70 persen.


Ketua Pelaksana FJGS 2018 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ibu Ellen Hidayat mengatakan FJGS tahun ini digelar mundur dari yang biasanya dilakukan Juni-Juli dengan tujuan untuk mendukung perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. "Jadi pelaksanaan festival ini memang dimundurkan, agar pelaksanaannya bisa berbarengan dengan momen Asian Games 2018. Kita ingin memeriahkan pesta olahraga ini melalui penyelenggaraan FJGS 2018 sekaligus sebagai bentuk dukungan Pemerintah DKI Jakarta terhadap event ini," ungkap Ibu Ellen Hidayat dalam paparannya pada saat Conference Press, Kamis, 12 Juli 2018 di Kota Kasablanka Mall, Jakarta.


FJGS 2018 mengangkat tema 'Spirit of Jakarta" dan akan diikuti 82 pusat perbelanjaan, terdiri dari mal dan trade center serta 8 (delapan) hotel di 5 (lima) wilayah di DKI Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.
FJGS 2018 juga turut menggandeng 13 asosiasi dunia usaha. Menurut Ibu Ellen, melalui penyelenggaraan FJGS 2018 yang dihelat bersamaan dengan Asian Games 2018 ini, Jakarta ingin menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik, yang menyediakan layanan sekaligus menyediakan aneka produk berkualitas dengan harga terjangkau. "Ini momen tepat untuk memperkenalkan kepada negara-negara di Asia bahwa Jakarta juga surga dan destinasi wisata belanja di Asia," ungkap beliau.


Bicara soal target transaksi, Ibu Ellen mengatakan target yang dipatok hanya Rp4 triliun, atau hanya seperempat dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar Rp16 triliun.Ada sejumlah alasan mengapa panitia tidak terlalu muluk terkait transaksi FJGS kali ini. Selain waktu yang lebih singkat, momentum untuk penjualan juga berbeda. Tahun lalu Festival Jakarta Great Sale berlangsung 6 (enam) minggu dan diadakan di bulan-bulan puncak bagi peritel, yaitu Lebaran dan libur sekolah.


Selain menggelar aneka diskon untuk aneka produk barang dan jasa, FJGS 2018 juga akan dimeriahkan dengan program Belanja Tengah Malam (Midnite Sale) yang akan berlangsung setiap pekan secara bergantian dari mal ke mal.  Event ini juga akan dimeriahkan pula program undian berhadiah Shoppercard di 39 mal dengan total hadiah voucher belanja sebesar Rp 140 juta yang akan diselenggarakan 39 pusat belanja serta kegiatan donor darah  yang akan digelar di 13 mal dan pusat belanja.


DI FJGS 2018, APPBI kembali bekerja sama dengan Dekranasda DKI Jakarta untuk menyelenggarakan pameran dan booth penjualan di 7 (tujuh) pusat perbelanjaan yang akan diikuti UKM binaan Dekranasda DKI Jakarta. Sebanyak 18 pusat belanja di Jakarta juga akan menyelenggarakan pameran UKM OKE OCE FJGS 2018. Dan selain menjadi ajang peritel untuk menggenjot penjualan, FJGS 2018 juga mepermudah pembelian tiket pertandingan Asian Games dengan membuka booth di 20 mal.
Pembukaan FJGS 2018 akan dilangsungkan pada 12 Agustus 2018 di One Bell Park Mall dan dijadwalkan dibuka langsung Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan.