SEMINAR DAN RAKERNAS DPP APPBI 2018


Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyelenggarakan Seminar dan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) dengan agenda mengupas evolusi pusat belanja di Indonesia yang berlangsung di Sheraton Grand Jakarta, Gandaria City Hotel, 12 -13 April 2018 lalu. Bertemakan “The Next Generation Of Shopping Center”, acara ini dihadiri lebih dari 400 undangan yang merupakan pengelola pusat belanja dari seluruh Indonesia.
Gelombang perubahan, disrupsi dan e-commerce membuat pusat belanja harus berubah. Melalui kegiatan ini, setiap anggota APPBI diharapkan dapat mencermati dan mengantisipasi perubahan tren dalam bisnis pusat belanja.


Dalam sambutan pembukanya di hari pertama, Ketua Umum DPP APPBI, Bapak A. Stefanus Ridwan S mengatakan, “Harapan dari diadakannya acara ini, agar setiap anggota APPBI dapat mencermati dan dapat mengantisipasi perubahan tren di dalam bisnis pusat belanja.” ungkap beliau.
Menteri Perdagangan, Bapak Enggartiasto Lukita turut hadir untuk memberikan sambutan sekaligus dukungannya terhadap kegiatan APPBI ini. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa pusat belanja sebagai salah satu penggerak sektor perdagangan harus dapat memaksimalkan besarnya potensi pasar domestik.


Selain Kementerian Perdagangan, dukungan juga diberikan oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan, Kepolisian dan Pemprov  DKI Jakarta yang mengirimkan perwakilannya.


Dukungan Pemprov DKI Jakarta juga dapat dilihat dari kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan yang memberikan arahan di sore hari nya bertajuk "Future Shopping Center Development Policy in DKI Jakarta". Beliau berharap keberadaan pusat perbelanjaan di Jakarta mampu membantu Pemprov mewujudkan Jakarta sebagai kota sosial yang memiliki Social Space, yang merupakan wadah untuk saling berinteraksi antar masyarakat yang manfaatnya lebih dari sekedar manfaat ekonomi. Tak lupa, Bapak Gubernur menyinggung peraturan Pemprov DKI terkait lingkungan hidup. Seminar juga menghadirkan Prof.  Rhenald  Kasali, Founder Rumah Perubahan yang mengupas topik “Disruptions are Opportunities” dan Aviliani, seorang pengamat ekonomi Indonesia yang memberikan paparan berjudul “Economy 2018:  Digital  &  Politics”.
Rangkaian seminar dan rakernas ini diisi juga diskusi panel yang membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan situasi ekonomi, investasi, dan pengembangan bisnis dengan pembicara ternama. Bapak Adrian Agus (Co-Founder & CEO Puyo Desserts), Ibu Michelle Widjaja (Founder Shirokuma), Bapak Ian Hendarto (Owner Abura Soba Yamatoten), dan Bapak Edward  Tirtanata  (Founder  Lewis  &  Carroll)  membahas  tuntas  mengenai  perkembangan  tren industri Food & Beverage (F&B). Secure Parking mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan perkembangan baru sistem perparkirannya yang dibawakan langsung di atas podium oleh General Manager Business Development-nya, Bapak Sofian Chandra.
Rakernas yang di selenggarakan di hari kedua membahas bagaimana pusat belanja dapat lebih jauh membantu UMKM, membahas pelaksanaan CASC 2018 dan WICSF 2018 akhir tahun nanti (September - Oktober 2018).