Pembukaan Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2017


20170927_172916A.jpg

Berita ggmbira bagi para pencinta belanja dan kuliner. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar acara Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017. Di tahun ke-2 penyelenggaraannya, WICSF 2017 yang mengusung tema “Savor The Captivating Flavor and Big Discount” diselenggarakan selama sebulan penuh mulai tanggal 27 September – 27 Oktober 2017 yang digelar secara serentak di lebih dari 100 pusat perbelanjaan dari 18 kota di 12 provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Pekanbaru, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan  Sulawesi Barat.

{more}
Event akbar ini diadakan karena melihat perkembangan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara yang  setiap berwisata selain berbelanja juga berburu kuliner dan oleh-oleh khas suatu daerah. Inilah yang ditangkap oleh pemerintah Indonesia sebagai daya tarik Indonesia untuk menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner.


Pembukaan WICSF 2017 berlangsung pada Rabu, 27 September 2017 yang bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia 2017 bertempat di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Setiabudi, Jakarta Selatan. Event meriah sore itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata, Bapak Arief Yahya; Ketua DPP APPBI Bapak Stefanus Ridwan, Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Ibu Vita Datau Messakh; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Ibu  Tinia Budiati mewakili Gubernur DKI Jakarta yang berhalangan hadir dan Wali Kota Jakarta Selatan Bapak Tri Kurniadi.

 

menpar_tari.jpg

Bapak Stefanus Ridwan, dalam pembukaan sambutannya menyampaikan harapan dengan adanya WICSF 2017 ini, jumlah pengunjung dan transaksi di pusat perbelanjaan dapat meningkat kurang lebih 20 persen. Sementara itu, Bapak Arief menyampaikan bahwa WICSF merupakan agenda andalan yang menjadi daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner. Pemberian diskon besar pada saat low season agar orang datang, harga menjadi terjangkaui dan bisnisnya hidup membentuk keterjangkauan yang mendorong semua level bisnis bergerak dan turisme menjadi lebih hidup.

 


WICSF_2017_7_1024x683.jpgDalam kesempatan yang sama Ibu Tinia menyampaikan bahwa Pemprov DKI sangat antusias dalam menyambut WICSF 2017 yang akan menjadi primadona promosi Kota Jakarta. Sedangkan Ibu Vita Datau Messakh menyampaikan bahwa otentisitas dari kuliner Indonesia dan produk fashion lokal Indonesia dari batik, tenun dan kerajinan lainnya memberikan pengalaman berwisata terutama bagi wisatawan mancanegara. WICSF yang menampilkan kuliner lokal serta kerajinan lokal, merupakan momen yang tepat bagi para pengusaha UMKM yang memiliki kuliner khas maupun kerajinan khas di daerahnya, untuk memanfaatkan kesempatan ini.


Pembukaan WICSF 2017 selain diisi dengan suara menawan Maria biduan cantik Callitsa juga diisi fashion show dari Indonesian Fashion Chamber dengan menampilkan karya desainer Deden Siswanto, Lenny Agustin, Allets by Stella Lisa dan Fomalhaut Zamel didukung Dinas Perindag Provinsi Sumatera Barat

 

WICSF_2017_4_1024x683.jpg
Acara puncaknya adalah penabuhan gendang tanda dibukanya secara resmi WICSF 2017 yang sore itu secara serentak juga dilangsungkan di 11 kota lain yaitu di Medan (Plaza Medan Fair), Pekanbaru (Mal Pekanbaru), Palembang (Palembang Icon), Banten (Supermal Karawaci),Bandung (Festival Citylink), Semarang (DP Mall Semarang), Yogyakarta (Jogja City Mall), Surabaya (Pakuwon Mall), Bali (Level 21), Balikpapan (Big Mall Samarinda), dan Makassar (Mall Phinisi Point).